10 Caleg Dapil NTB yang Lolos ke Senayan, Fahri Hamzah Raih Suara Tertinggi

 

JAKARTA (Media Warga Online)--Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional mengesahkan perolehan suara anggota DPR dari daerah pemilihan (dapil) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Caleg incumbent dari PKS, Fahri Hamzah dipastikan kembali melenggang ke Senayan.

Dari perolehan suara sah parpol, empat parpol menyentuh angka Bilangan Pembagi Pemilih (BPP). Sesuai prediksi parpol yang lolos ambang batas parlemen, suara sah parpol sebanyak 2.287.261. Dibagi menjadi sepuluh kursi, sehingga satu kursi berharga 228.726,1 suara.

Dilansir Republika.com, Senin, 29 April 2014, berdasarkan perolehan suara yang disahkan KPU, Partai Golkar, Demokrat, Gerindra, dan PKS mencapai BPP. Pada penghitungan tahap pertama, empat kursi dibagi masing-masing untuk empar partai tersebut. 

Selanjutnya, pada penghitungan tahap kedua, sisa enam kursi dibagi berdasarkan perolehan suara terbanyak partai. Hasilnya, enam parpol yang diprediksi lolos ambang batas parlemen lainnya mendapatkan satu kursi.  Total ada 10 Caleg yang akan lolos dari Dapil NTB.

Berikut nama-nama caleg yang lolos ke Senayan dari Dapil NTB :
  1. Fahri Hamzah, Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKS, pengumpul suara terbanyak dengan raihan 125.083 suara;
  2. Muhammad Luthfi dari Partai Golkar;
  3. Nanang Samodra dari Partai Demokrat;
  4. Wilgi Zainar dari Partai Gerindra;
  5. Sunardi Ayub dari Partai Hanura ;
  6. Muhammad Syafrudin dari PAN;. 
  7. Rachmat Hidayat. dari PDIP ;
  8. Helmy Faishal Zaini dari PKB;
  9. Ermalena MHS dari PPP;
  10. Kurtubi dari Partai Nasdem. (Rep)