LKM Kotabumi Tengah Kembali Gulirkan Kegiatan Ekonomi

KOTABUMI, Mediawarga.info--LKM Tiara Tengah Kelurahan Kotabumi Tengah sejak Januari 2015 kembali menggulirkan kegiatan ekonomi sebesar Rp. 20 juta yang bersumber dari APBD.  Ada 4 Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Ekonomi penerima kegiatan Ekonomi bergulir, diantaranya adalah KSM Melati Tengah yang beralamat di Lk. I RT. 05. 

KSM Melati Tengah dengan Ketua KSM Sukmanah mendapat kucuran dana sebesar Rp. 5 Juta dari LKM Tiara Tengah.  KSM yang memiliki usaha dibidang Warung tersebut beranggotakan 5 orang. Masing-masing anggota KSM mendapat pinjaman Rp. 1 juta.  
Koordinator LKM Tiara Tengah, Hendriyadi (Kanan) dan Anggota KSM Ekonomi dalam penyerahan dana BLM ekonomi

“Kami ucapkan terima kasih kepada LKM dan PNPM Mandiri Perkotaan yang telah membantu  usaha kami” Ujar Sukmanah ketika ditemui oleh Tim Faskel.

Anggota KSM Melati Tengah merasa terbantu dengan adanya Program PNPM Mandiri Perkotaan, tambahnya.

Menurut Sukmanah, dengan bantuan dana Ekonomi Bergulir PNPM  Mandiri Perkotaan, Walaupun pinjaman terbatas, mereka sangat terbantu dan mengharapkan program ini berjalan dengan baik.

Sementara itu Koordinator LKM Tiara Tengah, Hendriyadi, mengharapkan Program ekonomi bergulir ini terus berlanjut dengan mendapatkan dukungan Penuh dan Bimbingan dari Pemda Lampung Utara.

“Supaya tidak terjadi lagi kemacetan seperti pengalaman yang lalu, kami ingatkan kepada KSM  untuk mengembalikan dana bergulir. Dana ini bukan hibah Karena ekenomi bergulir dapat membantu kemajuan perekonomian masyarakat Kotabumi Tengah, khususnya usaha yang baru berkembang. Kami verifikasi benar calon peminjam kali ini supaya tidak terulang lagi kemacetan seperti pengalaman yang sudah-sudah” Ujar Hendriyadi.

Hendriyadi mengharapkan Kotabumi Tengah mendapat program tambahan seperti kelurahan Sindang Sari dan Sumber Arum yang mendapat Program Peningkatan Penghidupan Masyarakat berbasis Komunitas (PPMK). Hendriyadi mengharapkan tingkat pengembalian ekonomi bergulir Kotabumi Tengah bisa 100 persen.

Ditempat terpisah, Faskel Ekonomi  Tim 16 Kotabumi, Delta Pebara, mengatakan kunci sukses Kegiatan ekonomi bergulir  ada di Unit Pengelola Keuangan (UPK) dalam mengelola kegiatan. 

“UPK harus rutin mengingatkan dan membimbing KSM, Kami Fasilitator Kelurahan akan tetap mendampingi UPK dan LKM” Tegasnya.

Sumber: Buletin Media Warga LKM Tiara Tengah Kelurahan Kotabumi Tengah Edisi Pertama.

Posting Komentar

0 Komentar