Perajin Batik Lampura Ikuti Pelatihan ke Yogyakarta

Pengrajin Batik/Ilustrasi

KOTABUMI, Mediawarga.info--Guna mendorong pengembangan kerajinan batik, Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindak) Kabupaten Lampung Utara mengirimkan satu kelompok perajin batik untuk belajar seni batik ke Yogyakarta.

Kepala Dinas (Kadis) Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Lampung Utara, Rendra Yusfie di ruang kerjanya,  Senin (23/3) mengatakan perajin batik  yang di kirim ke Yogyakarta ada 5 orang perajin. Peserta  akan belajar batik tulis, cap maupun batik campuran. Selain itu, mereka juga akan mendapat pengetahuan dan tehnologi mengenai pengenalan peralatan batik tulis maupun cap serta tehnologi pewarnaan sintetis sekaligus praktek membatik.

“Sepulangnya dari Yogyakarta, ke lima perajin batik yang di kirim untuk belajar batik selama 10 hari di sana di harapkan dapat mengembangkan keilmuannya di daerah asal” kata Rendra.

Menyoal motif batik yang akan dikembangkan di wilayah, Sekretaris  Diskoperindag, Dina Prawitarini menuturkan usai dari sana mereka akan mengangkat dan menggali motif-motif batik tradisional Lampung. Khususnya Lampung Utara. Dengan itu, pengembangan batik di Kabupaten bukan hanya mendorong pemberdayaan perajin usaha kecil dan menengah (UKM) tersebut untuk mengembangkan usahanya. Tapi, juga pelestarian budaya lokal yang ada di daerah.

“Setiap daerah memiliki ciri atau corak khas yang tidak dimiliki daerah lain. Dengan itu, pelatihan untuk pengembangan batik tradisional bukan hanya ditujukan guna pemberdayaan. Tapi, juga pelestarian kebudayaan yang ada di daerah agar tetap lestari dan tidak mengalami kepunahan” kata Dina.

Mengenai kapan pemberangkatan seniman batik ke daerah tujuan, dia menjawab dimungkinkan sekitar April 2015 mendatang. Dia berharap dengan pelatihan batik tersebut dapat memperkaya khazanah batik tradisional  yang berkembang di Lampung Utara.


“Pemberangkatan mereka dimungkinkan April. Untuk tanggal, sedang dibicarakan lebih lanjut” kata Dina kembali. (Yud)

Penulis : Yudhi Hardiyanto
Jurnalis Lampung Post

Posting Komentar

0 Komentar