Soal Orang Miskin, Indonesia Lebih Baik dari China

JAKARTA, Mediawarga.info--Angka kemiskinan di Indonesia telah tumbuh tinggi sejak krisis keuangan Asia. Hingga saat ini, terdapat 28 juta masyarakat miskin dan 68 juta masyarakat rentan miskin di Indonesia.
Tim asistensi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Vivi Alatas, mengatakan bahwa pemerintah sampai saat ini terus menangani masalah kesenjangan sosial.
"Masalah krusial yang harus segera diatasi. Negara tertentu seperti China, India kesenjangan mereka naik dibandingkan Indonesia," ujarnya di auditorium Kwik Kian Gie School of Business, seperti dilansir Okezone.com, Selasa (17/3/2015).
Dia menjelaskan, ada beberapa negara yang mulai telah berhasil mengatasi kesenjangan sosial. "Contohnya, negara Malaysia dan Thailand sebesar 0,3 persen tiap tahun," jelasnya.
Menurutnya, kesenjangan sosial dapat menimbulkan side effect seperti penurunan pertumbuhan ekonomi, kerentanan konsumsi kalangan menengah, dan juga menaikkan konflik. "Berdasarkan penelitian kami, adanya korelasi antara daerah-daerah konflik dengan ketimpangan yang tinggi," tukasnya.
Vivi melanjutkan, salah satu hal yang dapat menekan kesenjangan sosial yakni dengan kebijakan fiskal oleh pemerintah. "Saya optimistis kesenjangan sosial ini bisa diselesaikan, dengan koordinasi yang baik dari berbagai pihak," pungkasnya. (Okezone)

Baca Juga : 
Kwik Kian Gie: Kemiskinan Sudah Melampaui Batas Kemanusiaan Media Warga Online
Ketimpangan Ekonomi Rakyat Indonesia Makin Menganga

Posting Komentar

0 Komentar