Untuk Pandeglang yang Lebih Baik Jelang Pilkada 2015

Pantai Tanjung Lesung, Banten (www.ultimoparadiso.com)


Mediawarga.info--Masyarakat Pandeglang berpijak pada dua pondasi kokoh yang saling bersebrangan satu dengan lainnya, tokoh tua yang cenderung status quo mungkin masih asyik dengan ketenangan batin untuk lebih menyelaraskan diri dengan alam, namun tokoh muda yang mewakili generasi madani ingin bergerak lebih cepat menjadikan Pandeglang dapat bersaing secara kompetitif, membuka diri terhadap pasar dan perubahan yang berorientasi pada modernitas.

Begitu banyak potensi yang ada di Pandeglang yang bisa di jadikan sebagai komoditas unggulan sehingga perekonomian masyarakat meningkat, apa yang tidak di miliki oleh kita? 

Hamparan sawah, gunung, laut, perkebunan, makanan khas, perikanan, pertanian dan sebagainya. Siapa yang tidak kenal dengan emping melinjo atau keceprek banyak masyarakat di daerah Labuan yang sempat saya datangi membuat emping melinjo, tapi kenapa keadaan masyarakatnya berbanding terbalik dengan kebesaran nama emping melinjo? Apakah ada yang salah?  

Sektor pariwisata juga tidak kalah dengan daerah lainnya, sebut saja Tanjung Lesung, Pantai Carita dan Pemandian Air Panas. Pemandian alam cikoromoy, jika di kelola dengan baik maka akan banyak membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat Pandeglang sehingga kesejahteraan masyarakat akan meningkat pula. 

Melihat salah satu tempat wisata yang di kelola pihak swasta membuat saya berfikir kenapa pemerintah daerah tidak bisa seperti itu, kita dapat melihat CAS Waterpark yang ada di Cikole-Pandeglang, milik perorangan yang menurut saya sangat maju membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, kenapa cikoromoy tidak bisa seperti itu, atau melihat pemandian air panas yang ada di Garut, kenapa pemandian air panas Cisolong tidak bisa seperti itu? Masih banyak potensi yang ada yang belum saya ungkapkan.

Saya hanya ingin berbagi tulisan Yeremias T Keban (Dosen Tetap Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fisipol UGM Yogyakarta) dengan judul “Strategi Membangun Daya Saing Daerah Tertinggal” ada 4 (Empat) Strategi yang disebutkan beliau yaitu :

Pertama, Strategi Menekan Biaya. Sumber daya alam yang kaya yang belum tersentuh dan kalaupun tersentuh belum semuanya bisa di eksploitasi adanya keterbatasan anggaran dan banyaknya daerah yang sulit di jangkau mengakibatkan harga bahan pokok melonjak, biaya transport yang mahal, akses ke sekolah, pusat layanan kesehatan dan kegiatan ekonomi relatif sulit. dalam posisi ini strategi yang tepat adalah meningkatkan aksebilitas, bagi lokasi-lokasi yang berpotensi tersebut, pembangunan sarana dan prasarana perhubungan bisa sangat membantu mengurangi biaya produksi bagi para pengusaha kecil dan juga biaya hidup, dari segi bisnis ini akan terlihat rugi jika kita membangun sarana dan prasarana tersebut, akan tetapi jika di lihat dari investasi jangka panjang ini sangat berpengaruh besar kedepannya.

Kedua, Strategi Meningkatkan Kualitas Produk dan Jasa. Melihat Banyaknya kekhasan produk daerah di Pandeglang maka diperlukan penerapan teknologi yang lebih inovatif dan unggul, tentu ini akan membantu meningkatkan kualitas produk yang selanjutnya dapat merebut pasaran. Di bidang jasa reformasi pelayanan publik dan juga jaminan keamanan akan mendorong investasi di Kabupaten Pandeglang, sehingga tidak ada lagi berita yang menyebutkan para Investor kapok berinvestasi di Pandeglang (Tronline, 23 maret 2015). 

Ketiga, Strategi Mempertahankan Segmen Pasar Yang Sudah Ada. Mempertahankan atau memelihara pangsa pasar lebih susah di bandingkan membangun segmen pasar yang baru terlena dengan hasil yang ada, tanpa adanya inovasi atau promosi kembali membuat kita lengah banyak kompetitor yang kemudian mengambil alih pangsa pasar tersebut. 

Keempat, Strategi Kerjasama Antar Daerah. Secara fisik satu Kabupaten tertinggal masih homogen dengan kabupaten lain baik yang tertinggal juga maupun yang sudah tidak tertinggal dalam artian memiliki iklim yang sama dan sumberdaya yang sama pula sehingga memproduksi komoditas yang sama, sehingga dalam konteks ekonomi regional daerah-daerah ini sebaiknya bekerjasama untuk melayani pasar yang sama dan memberikan pelayanan publik tertentu agar sam-sama mendapatkan manfaat daripada bersaing dang mengakibatkan kerugian di pihak lain.  

Dari ke-empat strategi tersebut salah satu hal yang juga tidak kalah pentingnya yaitu Pemberdayaan Masyarakat miskin menjadi salah satu kunci dalam membangun Pandeglang, pengembangan potensi yang ada di masyarakat menjadi basis penguatan ekonomi lokal, baik itu masyarakat miskin di perkotaan maupun di pedesaan, secara tidak langsung pemberdayaan masyarakat miskin merupakan implementasi dari program ekonomi kerakyatan.

Menjelang pemilihan kepala daerah di Kabupaten Pandeglang tahun 2015 ini harapan saya kepala daerah yang maju mempunyai visi dan misi yang jelas, tidak hanya sebagai “petugas partai” yang setelah terpilih malah lupa akan kewajibannya.


Oleh : Rifki Rahdiansyah
Praktisi Pemberdayaan Masyarakat di PNPM Mandiri Perkotaan Kabupaten Pandeglang 

Posting Komentar

1 Komentar

  1. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 750.000rb
    5.ons Rp.2.500.000
    1.kg Rp 3.750.000
    5 kg Rp 10.000.000
    10 Kg Rp 17.500.000
    15,kg Rp.20,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin,
    untuk yg mau pesan hub ;
    Hp.; 081357820667
    pin : 27BD397E
    adapun cara transakai,anda bisa datang langsung ke rumah kami. alamatnya di jl buana seli rt 016 rw 002,
    desa/kel ;labuhan, kec ;bacan, kab ; halmahera selatan, prov ; maluku utara.
    barang juga bisa kami kirim lewat jasa pengiriman tiki,jne,pos,muatan udara dan lewat kargo bandara.setelah barang
    dikirim, kami akan berikan bukti resi pengirimannya.
    INGAT..!!!!! HATI-HATI PENIPUAN DENGAN HARGA MURAH SALAH ORANG ANDA BISA TERTIPU.

    BalasHapus