Kabut Asap Mulai Selimuti Provinsi Lampung

Perbukitan Yang Mengelilingi Kecamatan Kemiling Bandar Lampung sudah diselimuti kabut asap, Sabtu (24/10) pukul 14.00 (Dok. Muhammad Ridwan)

Bandar Lampung, Mediawarga.info--Kabut Asap mulai selimuti Provinsi Lampung. Awalnya provinsi di serambi pulau Sumatera ini tidak terkena dampak asap walaupun di Provinsi Sumatera Selatan dan Jambi terdampak sangat parah. 

Bukti bahwa Lampung sudah diselimuti asap terpantau Mediawarga.info di Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung. Tampak di dokumentasi, pemandangan perbukitan yang di ambil oleh Admin Mediawarga.info dengan Smartphone hari ini sekitar pukul 14.00 dan 17.00. Perbukitan yang biasanya terlihat hijau, sekarang sudah tertutup kabut Asap. Kemiling adalah wilayah di Bandar Lampung yang letaknya berada di perbukitan, jaraknya sekitar 10 kilometer dari pusat kota Tanjung Karang. 

Mediawarga.info pun dapat kiriman foto dari pembaca via BBM wilayah kota Bandar lampung lainnya yang sudah terkena dampak kabut asap seperti di daerah Gedong Meneng. 

Tidak hanya di Bandar Lampung, melalui broadcast BBM, Mediawarga.info mendapat informasi kabut asap pun sudah menyelimuti Kotabumi Kabupaten Lampung Utara dan Kota Bandar Jaya Kabupaten Lampung Tengah. 

Wilayah Gedong Meneng Bandar Lampung Yang Terdampak Asap (Sumber: Istimewa)

Setelah di konfirmasi kepada salah seorang warga di Kotabumi, memang benar kabut asap sudah sampai di Kotabumi.

"Langit Kotabumi sekarang putih seperti asap, tapi seperti mendung" Ujar Natsir, warga Kotabumi yang dihubungi via telepon.

Informasi ini dikuatkan dengan pemberitaan media online, radarlampung.co.id, Sabtu (24/10/2015), yang menginformasikan kabut asap mulai menyelimuti kabupaten Mesuji, Tulang Bawang, Lampung Barat, dan Lampung Timur. 

Hal tersebut diperkuat dari citra satelit milik Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Lampung menunjukan adanya asap itu. Dari citra satelit pada hari Jum'at (23/10/2015) kemarin, pergerakan angin terpantau dari arah timur menuju utara dan barat. Kondisi ini membuat sebaran asap terpantau di Mesuji, Tulang Bawang dan Lampung Timur.

Perbukitan di Kemiling Tidak Lagi Terlihat Diselimuti Kabut Asap, foto diambil Sabtu (24/10) pukul 17.00 (Dok: Muhammad Ridwan)

Keadaan tersebut diperparah dengan titik api (hotspot) di Lampung yang terdeteksi di 32 titik. ’’Terlebih di Mesuji juga ada potensi hotspot sebanyak 3 titik berdasarkan tangkapan satelit kami,” kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Lampung Sugiono mengutip Radar Lampung, Jum'at (23/10).

Tampaknya warga provinsi di ujung selatan Pulau Sumatera ini pun harus bersiap dengan resiko terburuk akibat dampak kabut asap yang berasal dari Provinsi Sumatera Selatan dan Jambi ini. (Rid)

Posting Komentar

0 Komentar