Gelar Sosialisasi, TPS3R Pringsewu Barat Ajak Generasi Muda Peduli Pengelolaan Sampah


Pringsewu, Mediawarga.id-Pengelola Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse dan Recycle (TPS-3R) Jejama Secancanan Kelurahan Pringsewu Barat menggelar Sosialiasasi Pengelolaan Sampah dengan pola 3R kepada Pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA 1 Muhammadiyah Pringsewu pada Selasa (24/08/2021) di ruang utama TPS3R setempat.

Hadir sebagai narasumber sosialisasi Koordinator Kota (Korkot) Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Pringsewu Muhammad Ridwan dan Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah dan B3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Ismail Gistang. Bertindak sebagai pemandu sosialisasi Manajer TPS3R Jejama Secancanan, Lukman Riyadi.

Sosialisasi diawali dengan penjelasan dari Muhammad Ridwan tentang Program Kotaku dan sejarah berdirinya Bank Sampah sampai bertransformasi menjadi Pengelola TPS3R.

"Embrio pengelola TPS3R diawali dengan pembentukan Bank Sampah Jejama Secancanan pada tahun 2017 oleh Dinas Lingkungan Hidup Pringsewu yang bekerjasama dengan Program Kotaku", papar Ridwan.


Menurutnya, setelah berjalan 3 (tiga) tahun perkembangan Bank Sampah Jejama Secancanan menuai banyak prestasi dan penghargaan baik dari tingkat Kabupaten maupun Provinsi.


"Tentu ini membanggakan kami sebagai pendamping program, sampah ternyata membawa berkah", ungkap Ridwan.


Bahkan Bank Sampah dari Pringsewu ini menjadi contoh praktik baik di Program Kotaku dan sudah dipublikasikan ke tingkat nasional, tambahnya.


Selanjutnya Ismail Gistang dari DLH Pringsewu menjelaskan tentang Wawasan Wiyata Mandala.


"DLH sudah menjalin kerjasama dengan beberapa sekolah untuk melaksanakan program rintisan sekolah berwawasan lingkungan atau Sekolah Wiyata Mandala, harapannya SMA 1 Muhammadiyah menjadi sekolah selanjutnya yang melaksanakan program tersebut', ujar Ismail Gistang.

Menurutnya, Wiyata Mandala adalah sikap menghargai dan bertanggung jawab terhadap sekolah sebagai tempat menuntut ilmu pengetahuan dan memandang lingkungan sekitarnya sebagai media pendidikan dan pembelajaran.


"Semoga tumbuh relawan-relawan muda peduli pengelolaan sampah di Kabupaten Pringsewu, dan sekolah sebagai pintu masuk pembentukan wawasan Wiyata Mandala bagi para siswanya", ungkap Ismail Gistang.


Sosialisasi diakhiri dengan praktik langsung pengelolaan sampah dengan pola 3R oleh Manajer TPS3R Bank Sampah Jejama Secancanan, Lukman Riyadi.


(Oleh Tim Kotaku Pringsewu)

Posting Komentar

0 Komentar