Warung Gratis Kampung Tempel, Setiap Jum'at Tebar Manfaat Untuk Warga


PRINGSEWU - Setiap Jum'at pagi, warga Kampung Tempel RT.07 Lingkungan 05  Kelurahan Pringsewu Utara tampak berkumpul disatu titik yang diberi nama Warung Gratis. Warga dari berbagai kalangan bebas mengambil makanan, sayuran, bumbu dapur dan keperluan memasak lainnya secara cuma-cuma. 


Dari pantauan Mediawarga.id, setiap Jum'at pagi  kegiatan tersebut di share ke media sosial oleh Ketua RT.07/05 Kampung Tempel, Sidik Purnomo. Warung Gratis ini bagian dari "Gerakan Sedekah Jum'at" yang digagas para tokoh masyarakat setempat.


"Alhamdulillah sejak di-launching perdana pada tanggal 24 Juni 2020, Warung Gratis masih eksis sampai sekarang', Ungkap Sidik Purnomo, ketika dihubungi mediawarga.id, Jum'at pagi (10/09/2021).


Menurutnya, penggagas kegiatan ini adalah tiga serangkai yakni, Sidik Purnomo Ketua RT 07/05, Hendri Purwanto pengurus Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Program KOTAKU dan Yuli Priyono Manager TPS3R Kelurahan Pringsewu Utara.



"Gagasan digelarnya Gerakan Sedekah Jum'at karena melihat kondisi warga Kampung Tempel yang memprihatinkan akibat Pandemi Covid-19, aktivitas pekerjaan sehari-hari warga menjadi terkendala, para pedagang dan pelaku industri kecil mengalami penurunan pendapatan, bahkan sampai ada yang kehilangan pekerjaan", Tutur Sidik.


Berdasarkan hal tersebut, kami tergerak untuk membangun solidaritas sosial dengan cara mendorong warga untuk saling berbagi dengan warga lainnya dalam bentuk sedekah sayuran, lauk pauk, sembako dll, tambah Sidik via chat WA. 


"Misal warga A  punya beras, dia akan menggantungkan beras, dan warga B punya sayuran, dia akan membawa sayuran, nah kita fasilitasi wadah Warung Gratis untuk saling berbagi dan ajang silahturahmi antar warga, khususnya ibu-ibu," ujar Sidik.



Ada juga sembako dan lauk pauk yang diantar langsung ke rumah warga yang membutuhkan, jelasnya. 


Sidik sebagai Ketua RT. 07/05 terus memotivasi warga Tempel agar kegiatan Gerakan Sedekah Jum'at ini dilestarikan. 



"Kami juga membuka pintu bagi warga luar Kampung Tempel untuk berbagi ditempat kami, apa yang kita makan akan habis, apa yang kita sedekahkan akan kekal, semoga berkah baroqah untuk kita semua, Aamiin", pungkas Sidik mengakhiri obrolan via chat WA dengan Mediawarga.id. (Ridwan)

Posting Komentar

0 Komentar